Sabtu, 04 September 2010

Menyemai Impian Meraih Sukses Mulia




Buku ini ditulis oleh Jamil Azzaini salah satu Penulis Buku Bestseller Kubik Leadership dan bestseller nasional. Aku sendiri belom baca Kubik Ledership sbenanya *favorit Bapak*. Tapi setelah baca buku ini aku punya keinginan untuk membaca Kubik Leadership...

Buku ini berisi tentang kisah-kisah yang memiliki inspirasi semangat dan motivasi. Dengan gaya bahasa yang cerita penuh hikmah dan sangat ringan namun begitu menyentuh. Gaya Jamil Azzaini yang memiliki kemampuan storry telling yang sangat hidup. Kisahnya bukanlah mengharu biru namun ada bagian tertentu yang sbenarnya sangat ringan dan nyata menitikkan airmataku....

Bagian awal menceritakan bahwa begitu pentingnya mempunyai cita-cita dan impian hidup. Seperti digambarkan dengan kerang mutiara dan kerang rebus, dan juga perlunya 'hiu-hiu kecil' dalam kehidupan.
Tentang hiu-hiu kecil ini menarik juga... Dikisahkan dengan kebiasaan orang jepang yang suka memakan ikan dan sangat punya cita rasa terhadap ikan. Ikan yang ditangkap nelayan yang sudah tidak lincah gerakannya karena proses penyimpanan dalam kontainer berminggu2 sangat berkurang citarasanya. Nelayan Jepang memasukkan hiu-hiu kecil ke dalam container tempat penyimpanan ikannya agar ikan yang ditangkap tetap segar dan lincah gerakannya sehingga harga jualnya tetap tinggi.
Jadi jika kita ingin berharga mahal maka teruslah bergerak. Undanglah hiu-hiu kecil dalam kehidupan kita agar kehidupan kita lebih hidup dan bergairah. Begitu loh kata Jamil Azzaini.
Ada lagi kisah kutu dalam korek api... dimana jika kutu anjing yang memiliki kemampuan loncat yangs angat tinggi, jika dimasukkan ke dalam kotak korek api dalam beberapa minggu maka kemampuan loncatannya hanya sebatas kotak korek api. Si kutu mencoba melompat  setinggi-tingginya namun selalu terbentur. Karena selalu gagal ia mulai ragu dengan kemampuannya. Semoga kita tidak seperti kutu dalam kotak korek api... Melompatlah setinggi mungkin dan jangan sia-siakan kemampuan yang diberikan Tuhan.
Ada juga beberapa kisah tentang cinta... "Ibu, I miss You so much!" *Ini membuatku juga rindu pada Ibu...* Kekuatan doa dan ucapan Ibu.
"Nenek perekat cinta..." "Juga Surat Indah dari perhiasan hati" yang berisi tentang surat cinta anak Pak Jamil yang berisi doanya buat sang ayah. Ini mengingatkanku surat cinta FGH padaku...
Namun yang menarik aku dapat inspirasi cerita yang menggambarkan tentang teamwork. Cerita tentang Kura-kura dan Kelinci. Kerjasama kura-kura dan kelinci. Kerjasama antar core competence yang berbeda akan menghasilkan prestasi yang jauh lebih baik.
Ada juka tentang perlunya Pit Stop dalam kehidupan. Seperti balap mobil formula one, dimana saat tertentu mobil masuk pit stop untuk untuk memperbaiki dan menentukan posisi dalam balapan.
Begitu juga dalam kehidupan kita juga memerlukan pit stop. Kita melakukan banyak kegiatan namun kita kadang lupa untuk apa kita melakukannya.  Kita melakukan tanpa hati, tanpa visi atau bahkan tanpa jiwa. Dan bagaimana kita melakukan pit stop?  Luangkan waktu mendengan celoteh anak-anak, atau kunjungilah orang tua kita, tanyailah masa kecil kita, belailah tangannya yang sudah keriput, ciumlah tangan yang dulu pernah menimang dan memandikan kita....
Atau kunjungi guru kita, teman sepermainan diwaktu kecil atau mengunjungi rumah ibadah yang juga merindukan kita.
Bagian yang paling kusuka adalah 'air juga makhluk hidup' yang menceritakan penelitian DR Emotto bahwa air seperti makhluk hidup, ketika dikomunikasikan hal-hal positif akan membentuk kristal2 yang indah. Dan ingatlah bahwa tubuh kita terdiri dari 70% air, sehingga berkata dan bertindak positiflah agar air dalam tubuh kita mendorong kita kepada kebahagiaan.

1 komentar:

  1. Merenung sejenak akan lebih baik, daripada berfikir serius sepanjang waktu

    BalasHapus