Selasa, 07 Desember 2010

Fakta Menulis...

Berkali- kali memang saya bilang bahwa 'bertemu' *menulis* blog ini membuatku bahagia. Blog yang hanya sekedar album dan 'teman' yang paling setia ditemui kapan saja dimana saja...
Bukan karena terpengaruh ingin menjadi Penulis hebad seperti Tere Liye... *paling kereen dan tak ada saingan* Tapi fakta bahwa menulis blog ini meningkatkan hormon kebahagiaan bagiku.
Ada beberapa fakta mengenai menulis ini yang dikatakan Andrias Harefa dalam "Happy Writing"

  1. Menulis bikin kulit cantik. Fatima Mersisini yang disebut orang Penulis Pemikir mengatakan bahwa "usahakan menulis setiap hari, niscaya kulit Anda menjadi segar kembali akibat kandungan manfaatnya..."  dan "Menulis lebih baik dari operasi plastik.."
  2. Survei Imperial Cancer Research Fund (ICRF) menunjukkan bahwa 4 dari 10 orang memilih toilet sebagai tempat favorit membaca. Pria 49% dan wanita 26%... Aku mungkin termasuk di dalamnya.. Walo bkan tempat favorit membaca namun sering melakukannya. he he he Juga penelitian Dr. Peter Marsh terhadap 1000 responden menemukan bahwa di toilet menjadi tempat yang baik untuk berpikir  kreatif. Ada - ada saja ya... 
  3. Jika menulis sesuatu tidak perlu harus merencanakan judul. Jika judulnya sudah jelas lebih baik namun jika belum menemukan judul ya menulislah... Kadang judul yang tepat ditemukan belakangan.  Artinya jangan biarkan ketiadaan judul menghentikan hasrat untuk menulis.
  4. Menulis itu pacaran.  Jadi karena sedang pacaran perlu fokus dan konsentrasi pada pacar tsb. he he he he.  Kalau sekedar menulis pendek seperti menulis blog ini mungkin bisa gonta ganti gagasan *pacar*.  Namun jika menulis banyak dan gonta ganti pacar maka tulisan ga kelar-kelar. 
  5. Menulis menyembuhkan. James W. Pennebaker seorang psikolog sering menganjurkan kliennya untuk menuliskan emosi-emosinya, kejadian-kejadian penting yang mempengaruhi hidupnya, masa kecil, orang tua, dan orang-orang yang dicintai  yang diduga mampu penyembuhan luka batin. Dan Gretchen Rubin di bukunya "The Happiness Project" menyatakan  dalam projectnya itu bahwa mengingat-ingat pristiwa bahagia dapat meningkatkan kebahagiaan.  Jadi tuliskanlah pristiwa -pristiwa bahagia Anda dalam tulisan.
  6. Strategi menulis Andrias Harefa : menulis dulu apa yang ingin ditulis. Setelah itu baca dan pikirkanlah. Lalu perkaya dengan ditambah kurangi agar menarik dan komunikatif. Singkat ya? 
  7. ... bersambung  * berhubung sudah dikerubuti  FGH*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar